reblog · they're said · Belajar

Perempuan Butuh Tahu: Qodho Sholat saat haidh di waktu sholat

Jika wanita mendapati waktu sholat, kemudian tiba-tiba dia haidh. Wajib qodho sholat apa tidak? Ada dua pendapat: 1. Wajib Qodho Pendapat ini menurut jumhur ulama seperti Hanafiyyah, Syafi'iyyah, Malikiyyah. Tapi para ulama berbeda pendapat kapan ia harus qodho: A. Jika ia baru takbiratul ihram kemudian haidh. Ini pendapat Hanabilah dan Syafi'iyyah. B. Jika ia sudah… Continue reading Perempuan Butuh Tahu: Qodho Sholat saat haidh di waktu sholat

they're said · Belajar

Perempuan Butuh Tahu: Flek Darah pada Wanita (Syariat dan Medis)

Flek adalah bercak-bercak kecoklatan (setetes- dua tetes) yang biasa muncul sebelum atau sesudah haid. Bisa juga flek berwarna kuning atau kuning jernih. Secara medis flek muncul normal, umumnya pada awal atau akhir haid atau muncul ketika hamil. Flek juga bisa muncul karena faktor stres dan kelelahan atau penyebab lain yang menyebabkan gangguan hormon Demikain juga… Continue reading Perempuan Butuh Tahu: Flek Darah pada Wanita (Syariat dan Medis)

Belajar · reblog

Berhati-hatilah Pada Hati Anak Yang Penurut

pada dasarnya kebutuhan terbesar mereka itu dua “didengar dan di akui perasaannya”. Potensi kebaikan mereka akan semakin melejit jika dua kebutuhan ini terpenuhi :”)

Kiki Barkiah

Cuplikan Kisah Seputar Mendidik Anak

Ada hal yang menjadi perhatian saya saat itu tentang Shafiyah. Gadis yang selama ini tidak banyak menjadi tokoh dalam kisah yang saya bagikan. Ia yang begitu penurut dan sering berbuat lurus-lurus saja, tidak menuai banyak konflik di rumah. Sehingga tidak banyak kisah yang saya angkat tentangnya.

Shafiyah memberikan banyak bantuan dalam keluarga. Ia adalah anak yang paling inisiatif di rumah. Ia seolah sangat memahami kebutuhan saudara-saudaranya sebelum saya meminta pertolongan. Ia begitu penyayang dan sabar menghadapi saudaranya, ia begitu mudah berkorban dan mengalah demi kebahagian saudaranya. Ia begitu telaten dan sabar mengurusi keperluan Fatih dan adik bayi. Bahkan ia mengadopsi beberapa pola komunikasi saya dalam membujuk, melerai dan mengarahkan adik-adiknya.

Namun rasanya sekitar beberapa bulan ini ia mengalami perubahan sikap terhadap Faruq. Semua hal yang saya ceritakan diatas terkadang tidak terlalu berlaku kepada Faruq. Ada perbedaan sikap dan respon yang ia tunjukan kepada adiknya yang…

View original post 1,365 more words

Belajar · Harta Karun · Hikmah · reblog

Marriage is Marathon

oleh Ibu Fitri Ariyanti Waktu heboh pernikahan remaja  ganteng umur 17 tahun di negeri ini beberapa waktu yang lalu, saya termasuk yang tak setuju dengan kampanye “ayo nikah muda, malu dong sama anak 17 tahun…”. Apalagi kalau ditambah: “daripada zina mending nikah muda”. Kenapa saya tak setuju? karena menurut saya, dua “himbauan” tadi, kalau hanya begitu… Continue reading Marriage is Marathon

Belajar · Harta Karun · Hikmah · reblog

Preparing Ramadhan : Mindful or Mind Full ?

oleh Ibu Fitri Ariyanti Siapa yang ingin “sering” ke tanah suci? Saya ngacung. Tapi itu dulu. Waktu saya ke tanah suci pertama kali, tentu berdoa agar bisa “sering” bisa ke tanah suci. Tapi seiring waktu, entahlah…. saya jadi enggan berdoa seperti itu. Saya lebih seneng berdoa agar diberikan “kekhusyukan” ketika ke tanah suci. Ya, seiring… Continue reading Preparing Ramadhan : Mindful or Mind Full ?

Belajar · reblog · they're said

Anak Adalah Hak Prerogatif Allah – Teh Riana

Sundariekowati

Spanyol

Bismillahirrahmaanirrahiim. Assalamu’alaykum Ibu-ibu, semoga semuanya sedang berada dalam kondisi yang paling baik ya, Ibu dan suami sehat, anak-anak pun ceria 🙂

Ngomong-ngomong tentang anak, akhir-akhir ini saya seriiing banget dikasih pertanyaan,

“Kapan nambah?”,

“Udah isi lagi belum?”,

“Kasih Aisya adik atuh supaya di rumah rame. Aisya, pengen punya adik ngga?”,

“Jangan ditunda, mending sekalian banyak biar sekaligus capeknya. Emang di KB?”,

Daaaaan pertanyaan ini diulang-ulang oleh orang yang berbeda, sampai-sampai kalau ada orang yang gelagatnya udah kaya mau menanyakan hal yang sama suka saya jawab duluan.

“Belum”, ucap saya.

“Emang udah tau saya mau nanya apa?”, sahut penanya.

“Mau nanya saya udah ‘isi’ lagi atau belum, kan?”, saya tanya balik.

“Hehehe iya..”, yang nanya terkekeh.

Well, pertanyaan seputar anak tuh bisa jadi sangaaat sensitif buat beberapa orang, nggak terkecuali saya. Tapi kemudian saya berpikir mungkin saat ini Allah SWT justru sedang memberi saya kesempatan sebesar-besarnya untuk jadi ibu yang…

View original post 2,210 more words

Belajar · Hikmah · reblog

Kartini Masa Kini dan Kodrat yang Pudar

kartini 2017

Euforia selebrasi 21 April masih berulang di tahun ini. Anak-anak sekolah kembali memecah perhatian para pengguna jalan dengan kilauan perhiasan sanggul, busana, dan kosmetik yang katanya “Ala Kartini”. Didukung dengan perangkat elektronik canggih abad ini, anak-anak perempuan penerus bangsa itu juga turut disibukkan dengan berfoto ria di setiap sudut jalan dan ruang, mengabadikan momen dan bedak yang tidak anti luntur. Ada yang berkelindan dalam pikiran. Seperti inikah style Kartini tempo dulu? Inikah yang dulu diperjuangkan Kartini lewat tulisannya? Lalu dimanakah sebenarnya relevansi antara meneladani spirit belajar Kartini dengan merias rupa anak-anak sekolah dengan make up super tebal?

Terpisah dari anak-anak perempuan dan para calon ibu di masa depan itu, tulisan-tulisan seputar Kartini masih membanjiri media sosial. Siapa dan bagaimana Kartini terus menuai pro-kontra. Ada yang menyoroti fakta kedekatan Kartini dengan Belanda dan Theosofi. Ada juga yang menelisik sisi spiritualitas Kartini. Namun kali ini, mari sejenak kita melepaskan diri dari pro-kontra…

View original post 737 more words

Belajar · reblog

Tetap Berprestasi dengan Hijab Syar’i

Hijrah kita jangan berhenti di titik hijab syar’i. Lejitkan potensi diri, meraih ridha illahi, jannah adalah tempat kita mengistirahatkan diri…:)

textgram_1493202477Materi Kulwap FULDFEI (18 Februari 2017)

Dengan mengharap ridha Allaah, materi ini ditulis dan disampaikan oleh @laninalathifa. Semoga Allaah meridhai amal yang sedikit ini…

Bismillaahirrahmanirrahim,

Alhamdulillaah, hari ini istilah hijab syar’i sudah bukan lagi istilah asing. Bahkan ia sudah menjadi semacam trend. Semoga trend yang positif, yang menyadarkan Muslimah bahwa berhijab bukanlah puncak sebuah amal. Justru ia termasuk perkara dasar yang wajib diilmui dan diamalkan seorang Muslimah.

Hijab dimaknai sebagai penghalang. Sesuatu yang menghalangi. Memangnya apa yang dihalangi dari seorang perempuan? Ingat, perempuan dianalogikan sebagai perhiasan. Itu artinya, dari sisi dan sudut manapun, perempuan itu pasti memiliki daya tarik.

Maka hijab sebenarnya bisa dimaknai sebagai 2 hal.

Pertama, hijab sebagai pakaian, sebagaimana yang telah kita pahami selama ini. Fungsi hijab disini adalah untuk menutupi aurat. Lebar, longgar, tidak menerawang. Memakainya adalah untuk ‘menyembunyikan’ kecantikan, bukan malah untuk menarik perhatian.

Lalu hijab yang kedua adalah hijab interaksi. Terhadap siapa? Terhadap lawan…

View original post 791 more words

Belajar · reblog · Selftalk

Musuh Terbesar Seorang Ibu

Musuh terbesar seorang Ibu bukanlah pornografi dan pornoaksi yang rentan memapar otak anak-anaknya. Bukan pula kekerasan seksual yang mengintai langkah pendek anak-anaknya. Bukan pula paham radikalisme yang bisa menjangkiti keyakinan anak-anaknya. Semua itu musuh kita bersama, namun ada yang lebih berbahaya dari itu semua. Musuh ini tak tampak. Hadirnya sulit dideteksi oleh indera. Memata-matai dari… Continue reading Musuh Terbesar Seorang Ibu