Dear · Harta Karun · Hikmah · KisahParaNabi · reblog

Keluarga Imran

326
image from google

oleh Alifah Syamsiyah

Imran adalah satu diantara empat laki-laki role model yang disebut dalam Al-Qur’an: Adam, Nuh, keluarga Imran, dan keluarga Ibrahim.

Hmm sebentar, mengapa untuk Imran dan Ibrahim ditambahkan kata “keluarga”, tapi tidak bagi Adam dan Nuh? Itu karena di keluarga inti Adam dan Nuh, terdapat anggota keluarga yang tidak beriman kepada Allah.

Uniknya, Imran ini bukanlah nabi atau rasul, tapi Allah pilih namanya untuk diabadikan dalam Al-Quran. Ini membuktikan bahwa seharusnya tidak ada excuse bagi diri kita sehingga berkata, “Ah wajar saja dia kan nabi jadi bisa bla bla bla..” Memang nabi dan rasul adalah manusia pilihan Allah yang diberikan keistimewaan tertentu, tapi bukan berarti itu membuat kita inferior dalam berbuat kebaikan. Buktinya Allah telah memberikan satu contoh orang shalih yang bukan nabi dan juga rasul tapi masuk dalam manusia pilihanNya. Dialah Imran.

Bicara tentang keluarga Imran, tentu tak terlepas dari Maryam, putrinya. Saat mengandung, ibundanya Maryam yang tak lain adalah istri Imran ini pernah bernadzar bahwa anaknya akan ia didik untuk menjadi seorang yang mengabdikan dirinya kepada masjid. Ini menunjukkan betapa seorang ibu sudah mempersiapkan pendidikan bagi anaknya sedini mungkin. Ohya, kenapa ya nama istri Imran ini tidak pernah disebut? Ternyata hal ini menggambarkan bahwa kehebatan istri Imran dalam membesarkan anaknya tidak terlepas dari peran Imran dalam mendidik istrinya tersebut. Itulah kenapa disebut “istri Imran”, yang tidak lain untuk menunjukkan peran Imran dalam setiap kebaikan yang dilakukan istrinya.

Dalam keluarga ini juga dikenal nama Zakaria. Dialah paman Maryam yang juga terkait dengan proses pendidikan bagi Isa, putra Maryam. Zakaria banyak terlibat dalam proses pengurusan Isa. Pertanyaannya, mengapa bukan Imran? Beberapa ulama menyebutkan bahwa Imran sudah meninggal kala itu. Lagi-lagi ini menyiratkan hikmah bahwa peran keluarga besar itu juga berpengaruh pada proses tumbuh kembang seorang anak.

Semoga kita bisa belajar dan meneladani keluarga hebat ini, aamiin :”)

Advertisements

3 thoughts on “Keluarga Imran

    1. dibuku kisah para nabi-nya Ibnu Katsir disebutkan,

      ada yg mengatakan, mereka (kaum bani israil) menyamakan bunda Maryam dengan seorang ahli ibadah pada masa itu yang bernama Harun.

      ada juga yg mengatakan bahwa bunda Maryam memang beneran punya saudara laki-laki yang bernama Harun,

      dari Mughirah bin Syu’bah, ia berkata, Rasulullah shallahu allaihi wassalam mengutusku ke Najran, lalu orang-orang Najran berkata, “Tahukah engkau (ayat) yg kalian baca?, “wahai saudara perempuan Harun”, padahal Musa ada sebelum Isa sekian dan sekian lamanya?. Aku kemudian pulang dan menyampaikan hal itu kepada Rasulullah, beliau kemudian bersabda, “kenapa tidak engkau memberitahu mereka (orang²Najran) bahwa mereka (bani israil) memberi nama (diri dan anak anak mereka dengan nama) para nabi dan orang orang shalih sebelum mereka” [diriwayatkan oleh Muslim, An Nasa’i dan At Tirmidzi]

      wallaahu a’lam 🙈🙏

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s