Dear · Harta Karun · Hikmah · they're said

Anak Perempuan

188b476f5dc0c103cbac65e435462191
image source here

oleh Ustadz Rahmat Idris

Menjadi seorang ayah bagi anak perempuan itu kenyataannya membangkitkan semangat melindungi berkali-kali lipat dibandingkan ketika memiliki anak lelaki.

Contohnya dalam memilih teman bermain:
Anak lelaki cenderung kita izinkan bermain dengan sesama anak lelaki yang lain. jatuh bangun itu biasa. menangis tertawa adalah lumrah.

namun tidak untuk anak perempuan. teman anak perempuan haruslah perempuan. yang tidak nakal, tidak suka mencubit, menggigit, mengambil yang bukan kepunyaannya, atau yang suka memanfaatkan keadaan di sekelilingnya.

begitu pula radius area permainan. anak lelaki jarak mainnya adalah sejauh suaranya terdengar. selama dia masih menyahut ketika dipanggil maka dia dalam kondisi “aman dan terkendali”.

Namun berbeda dengan anak perempuan. jarak mainnya harus sejarak mata memandang. bila pandangan tertahan objek tertentu, maka itu signal untuk segera mencari dimana sang anak perempuan berada.

Dalam menyahuti panggilan juga berbeda. seorang anak lelaki akan memanggil berulang kali sebelum merasa panik karena merasa tidak mendapat jawaban dari kita. bagi seorang anak perempuan, kadang kala tanpa memanggil pun kepanikan dapat timbul dan suara panggilan langsung berganti dengan tangisan.

Menjadi ayah dari seorang anak perempuan tentunya semakin membuat seorang lelaki lebih menghormati dan mengasihi kaum perempuan. mereka tahu, perempuan itu rapuh, mudah hanyut, gampang merasa di tinggalkan.

Menjadi ayah dari seorang anak perempuan juga bermakna berani untuk menjadi pemberani. lelaki mana pun yang berusaha mendekat harus di beri tindakan tegas. yang berusaha menggoda terang-terangan bermakna cari lawan. yang berusaha menggoda secara sembunyi-sembunyi tetap akan di tindak untuk menumbuhkan rasa segan.

Dan tantangan paling besar bagi seorang ayah pada masa kini adalah: menanamkan rasa keimanan dan menumbuhkan rasa malu kepada anak-anak perempuannya agar menutupi kecantikan maupun auratnya dari yang tidak pantas dan berhak untuk melihatnya.

Maka pantas Rasululah bersabda:” “Barangsiapa yang mengayomi dua anak perempuan hingga dewasa maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku” (Anas bin Malik berkata : Nabi menggabungkan jari-jari jemari beliau). (HR Muslim 2631)

:”)
Kuy! buat kita yang anak perempuan dari ayah kita, bantu ringankan ayah kita yuk! :).

ringankan kekhawatiran beliau akan bagaimana kita tumbuh dan menjalani hidup di dunia ini,

terlebih, ringankan ayah kita saat kelak beliau ditanya tentang tanggung jawabnya akan anak perempuannya :).

Advertisements

5 thoughts on “Anak Perempuan

      1. Potongan ayat al-quran mbak. Cewek beda sama cowok.
        Ayatnya berkisah ttg nabi zakariya yg berharap punya anak cowok tapi dikaruniai anak cewek. Sok cekidot di ali imran.

        Like

      2. baaiikk, kayaknya perlu buka dan baca lagi kisahnya nabi zakariya.
        nuhun kak 👍🏻
        eh btw, nabi yahya anaknya nabi zakariya bukan kak?🙈

        Like

      3. Eh iya yak. Hahaha. Yg tadi cerita keluarga imran yak. Yg anak ceweknya maryam, yg ngasuh nabi zakariya. Hahaha parah🤣😂
        Oke siap, perlu baca ulang lagi😷🙊

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s