Harta Karun · Hikmah · reblog

Maafnya Allaah Beda! 

oleh Herri Cahyadi

Ada yang menarik kalau kita mendalami lebih jauh mengenai sifat Allâh SWT; Al-‘Afuww (Yang Maha Pemaaf). Al-‘Afuww dengan Al-Ghofur (Yang Maha Pengampun) hampir sama, bahkan secara eksplisit memang sama dalam hal mengampuni dosa, misalnya. Tapi, Al-‘Afuww ini unik.

Uniknya seperti apa?

Ilustrasinya begini: jikalau kita memiliki dosa–Ya Allah maafkanlah dosa-dosa kami, dan Allâh SWT mengampuninya, ada dua pilihan sifat Allâh SWT dalam mengampuni, yaitu (Al-Ghafur) diampuni atau (Al-‘Afuww) dimaafkan. Al-Ghofur; Allâh SWT mengampuni dosa kita sampai ke akar-akarnya, tapi perbuatannya masih ada sebagai bukti di Hari Perhitungan kelak.

Namun, Al-‘Afuww; Allâh SWT mengampuni dosa kita dan melupakannya (membuat kita sendiri lupa pernah melakukan dosa, tidak dimunculkan di Hari Perhitungan, semua benar-benar dibuat seolah tidak pernah terjadi).

Bagaimana itu?

Bayangkan begini; 

ketika di Hari Perhitungan, ada display besar yang memutar ulang semua perbuatan kita. Baik atau buruk semua diputar ulang, di situ mulut dikunci, semua anggota badan akan berbicara. Nah, terhadap suatu dosa, jika Allâh SWT telah mengampuninya dengan sifat Al-Ghofur, dosa itu diampuni tapi perbuatan kita masih bisa kita ingat dan muncul di display, semua menjadi saksi dan seluruh manusia akan melihatnya.

Sedangkan jika dosa itu dimaafkan dengan sifat Allâh SWT Al-‘Afuww, perbuatan dosa kita tidak akan muncul di display; semua lupa, bahkan Allâh SWT sendiri melupakannya dan menghapus bekas-bekasnya.

İnilah mengapa di 10 hari terakhir Ramadhan, khususnya Lailatul Qadr, kita diminta untuk terus berdoa:

Allahumma innakaafuwwun tuhibbulafwa fafu’anni. (Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau mencintai orang yang meminta maaf, karenanya maafkanlah aku)
Luar biasa kan sifat Allâh SWT Yang Maha Memaafkan ini?

Al-Afuww

Semoga Allâh SWT memaafkan segala dosa yang pernah kita lakukan. Aamiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s