Meracacacau · reblog · they're said

Lupakan cinta yang tidak akan sampai di pelaminan.

3d4d17d77417fbfb5070faddbc6dca4d
image frm here

by jurnalramadhan

Adalah Nasr bin Hajjaj pemuda tampan yang dikeluarkan oleh Umar bin Khaththab dari Madinah karena menjadi fitnah bagi gadis-gadis Madinah. Ia pun dikirim oleh Umar ke Basra dan celakanya, ia jatuh cinta dengan istri tuan rumah dimana ia menetap. Perasaannya diketahui oleh sang tuan rumah, Nasr bin Hajjaj pun malu, memutuskan pergi, dan hidup sendiri. Cintanya tak mungkin bersambung ke pelaminan, ia tak melakukan dosa memang namun Nasr bin Hajjaj menderita karenanya. Dan ia meninggal setelah itu.

“Lupakan!”, tulis Anis Matta dalam Serial Cinta-nya, “Lupakan cinta jiwa yang tidak akan sampai di pelaminan. Semua cinta dari jenis yang tidak berujung dengan penyatuan fisik hanya akan mewariskan penderitaan bagi jiwa”. Tetapi bagi para pecinta yang menemukan cintanya sampai ke pernikahan, cinta saja mungkin tidak akan cukup. Maka apa yang mereka cari dari ikatan pernikahan menjadi hal esensial dalam perjalanannya.

Dari kegundahan Uqail bin Abi Thalib saat didoakan ‘semoga bahagia dan banyak anak’ di hari pernikahannya, kita belajar tentangnya. “Janganlah kamu mendoakan demikian karena Rasulullah saw melarangnya”, ucap Uqail kepada tamunya,“Ucapkanlah doa yang diajarkan Rasulullah saw, ‘Barakallahulaka wabaraka’alaika wajama’a bainakuma fi khaiir’, semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu, semoga Allah juga menganugerahkan barakah atasmu, dan semoga Dia menghimpun kalian berdua dalam kebaikan.”

Dua kata barakah (kepadamu dan atasmu) mengandung makna: barakah pada hal-hal yang disenangi sekaligus pada hal-hal yang tidak disenangi. Dan kemudian ditutup dengan manis ‘semoga Allah himpunkan kalian berdua dalam kebaikan’. Barakah merangkum sekian banyak kebaikan dalam satu ikatan pada segala kondisi.

Allahummabarikli fi ahli wabariklahum fi. Allahummarzuqni minhum, warzuqhum minna. Allahummajma’ bainana jama’ta ila khoir wa farroq bainana idza farroqta ila khoir.

 


btw,
buat penggemar harry potter, pasti kenal bangat sama cuplikan percakapan gambar diatas 😛

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s