KisahSahabat · reblog

#lebihdekatdengansahabat 18: Zaid bin Tsabit

oleh Muhammad Akhyar

 

Seperti kata pepatah lama “tak kenal maka tak sayang”, pada Ramadan kali ini saya akan mencuplik beberapa kisah ringkas sahabat Rasulullah. Mengapa ringkas? Karena saya sangat menyadari di sini bukan tempatnya untuk berpanjang-panjang menguraikan sesuatu. Disajikan ringkas karena memang sifatnya perkenalan. Tentu saja untuk mengenal lebih dalam, teman-teman saya harap bisa mencari sumber lain yang pastinya bertebaran di luar sana. Oh iya, literatur yang saya gunakan untuk tulisan ini adalah “Karakteristik Perihidup 60 Sahabat Rasulullah” karya Khalid Muhammad Khalid yang tersohor itu. Selamat berkenalan 🙂

Tentu saja nuansa peringatan turunnya Al Quran belumlah hilang. Dan memang bulan Ramadan diberi gelar sebagai bulan tempat Al Quran diturunkan sehingga jika kita lihat betapa banyak orang yang kadar cintanya untuk membaca Al Quran di bulan ini bertambah-tambah. Dan kemudahan kita dalam menikmati firman-firman Allah itu, tidak terlepas dari jasa seorang sahabat. Inilah dia sang penghimpun Al Quran, Zain bin Tsabit.

Ia adalah seorang sahabat yang berasal dari kaum Anshar Madinah. Saat Rasulullah hijrah ia baru saja berumur 11 tahun. Ia bersama-sama keluarganya pada saat itu sudah menganut agama Islam. Ketika itu kita akan melihat Rasulullah berdoa untuk keberkahannya.

Saat perang Badar ia dibawa orang tuanya untuk ikut ke medan akan tetapi kala itu Rasulullah menolaknya, karena umur dan tubuhnya yang masih kecil. Namun, kala perang Uhud memanggilnya, ia menghadap lagi bersama teman-temannya kepada Rasulullah agar dapat diterima ikut dalam pasukan Muslim. Mereka menghiba-hiba kala itu. Namun, tetap saja Zaid belum berhasil meluluhkan hati Rasulullah untuk ikut berperang bersamanya. Ia baru bisa ikut serta dalam peperangan bersama kaum Muslimin di perang Khandaq.

Inilah dia Zaid. Sahabat yang tak henti-hentinya menghafal Al Quran dan menuliskan wahyu tersebut untuk Rasulullah. Sahabat yang senantiasa diminta oleh Rasulullah untuk menuliskanya surat kepada raja-raja dan kaisar-kaisar dunia. Untuk hal ini seringkali Rasulullah memerintahkan Zaid untuk mempelajari bahasa-bahasa mereka. luar biasanya, Zaid mampu melakukan itu hanya dalam waktu yang singkat saja.

Itulah dia Zaid yang keluhuran budinya begitu dihormati di kalangan sahabat. Berkatalah Sya’bi,

“Pada suatu kali Zaid hendak berkendaraan, Ibnu Abbas lalu memegang tali kendali kudanya. Kata Zaid kepadanya, ‘Tak usahlah, duhai putera paman Rasulullah.’ Yang segera dijawab oleh Ibnu Abbas, ‘Tidak, memang beginilah seharusnya kami lakukan terhadap ulama kami.’”

Qabishah pun berkata tentang Zaid,

“Zaid di Madinah mengepalai urusan peradilan urusan fatwa, qiraat, dan soal pembagian pusaka.“

Tsabit bin Ubeid juga berujar tentannya,

“Jarang aku melihat seseorang yang jenaka di rumahnya, tetapi paling disegani di majelisnya seperti Zaid.”

Lalu tibalah kita pada suatu masa setelah perang Yamamah yang banyak menimbulkan korban jiwa di kalangan kaum Muslimin. Sebagian di antara mereka adalah penghafal Al Quran. Demi melihat kondisi ini, setelah melakukan pemikiran yang cukup mendalam, Abu Bakar kemudian memanggil Zaid,

“Kamu adalah seorang anak yang cerdas, kami tidak meragukan kamu.”

Inilah dia perintah oleh Khalifah kepada Zaid untuk mulai menghimpun Al Quran dengan meminta bantuan para ahli yang berpengalaman dalam soal itu. Demi mendengar perintah itu Zaid berkata,

“Demi Allah, seandainya mereka memintaku untuk memindahkan gunung dari tempatnya, akan lebih mudah kurasa dari pada perintah mereka menghimpun Al Quran.”

Itulah Zaid, betapa rendah hatinya beliau. Padahal tugas tersebut telah berhasil ia lakukan gilang-gemilang. Ia berujar begitu merendah tetapi kapasitasnya benar-benar ia maksimalkan dalam menjalankan perintah itu.

Inilah dia Zaid. Sahabat Rasulullah yang menghimpun Al Quran dan mengepalai pula proyek penyamaan versi mashaf di zaman Khalifah Utsman. Dan kini betapa mudahnya kita membaca Al Quran. Pantaslah kita berterimakasih pada sahabat yang mulia ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s