Dear · rumah

Teladan Kepemimpinan

 

sudah lama saya ingin menceritakan ini :”)

tentang betapa bangganya saya menjadi warga RW.011 ๐Ÿ™‚, kebanggaan yang muncul karena sosok seseorang yang diamanahi untuk menjadi ketua RW nya ๐Ÿ™‚

taraaaraa,
perkenalkan namanya Bapak Ipit Purwanto, beliau orang nomor satu di RW.011 Kelurahan Pondok Kopi ๐Ÿ™‚.

Orang nomor satu yang mau bangat direpotin sama urusan warganya ๐Ÿ™‚

yang selalu membuka lebar-lebar pintu rumahnya, yang sigap berusaha membantu memenuhi setiap keperluan warganya ๐Ÿ™‚

yang selalu tersenyum ramah dan selalu ada aja bahan untuk diobrolkan atau didiskusikan ๐Ÿ™‚

bapak yang berani, cerdas, kritis dan lugas. Saya hampir selalu membayangkan atau menerka-nerka, Pak RW pasti waktu sekolah jadi ketua OSIS, atau ketua kelas atau ketua apapun, hhe. Atau jangan-jangan pas kuliah Pak RW nih anak senat atau anak BEM ~eh udah ada BEM belom sih jaman dulu ๐Ÿ˜›

dan yang paling membahagiakan lagi, pak RW ternyata kenal saya :”) *yang tak lepas tentu dari kenalnya Pak RW dengan bapak dan ibu –____–

Selain ada Pak RW yang begitu sangat melayani, saya juga ingin memperkenalkan bapak lurah kami yang baru :”))

namanya Bapak Rasikin, lupa nama panjangnya siapa :p.

Saya baru pertama kali bertemu dengan pak Lurah dalam suatu forum bersama. Dan kesan pertama kali saat tahu beliau Pak Lurah adalah “bapaknya ucul”, eh ๐Ÿ˜›.

dengan postur tubuh yang ndak terlalu tinggi dan perut yang mayan cembung keluar :p, Pak Lurah terlihat ..uhmm.. ๐Ÿ˜› *wargadurhaka๐Ÿ˜›

Ditambah ibu-ibu yang duduk sebelah saya yang mengatakan,
“adeknya baru tahu itu pak lurah?”
“Iya bu, baru tahu ๐Ÿ™‚
“Iya itu pak lurah ponkop, namanya Pak Rasikin”
“Oh iya bu”
“Kalo lupa namanya, inget aja beras miskin (yang sering disingkat raskin), raskin-rasikin” kata si ibu tanpa dosa, wah parah nih ibunya. Wkwkwk.

Saya suka dengan Bapak Lurah kami yang baru ๐Ÿ™‚,
terlihat dari bagaimana responsifnya beliau dalam berusaha menjalankan perannya.

Beberapa kali saya mendengar tentang cepatnya tanggapan beliau saat Pak RW menyampaikan keluhan tentang kondisi di lingkungannya. Saat ada warga yang mengeluhkan rawannya pohon tumbang misalnya. Karena derasnya hujan disertai kencangnya angin saat itu, keesokan harinya pun langsung tiba petugas tukang tebang pohon (hahaha, saya ga tau lebih tepatnya sebutannya apa) dari kelurahan untuk membantu merapihkan pohon-pohon sekitar yang dikhawatirkan rawan tumbang.

Saya juga suka saat melihat langsung bagaimana beliau mendengarkan teguran atau masukan dari orang lain.

It’s Leadership๐Ÿ™‚,
Disaat buku tentang leadership menjadi sangat horor untuk dibaca karena beratnya muatan teori-teori didalamnya -bagi saya terutama :p-
Maka menyaksikannya langsung menjadi salah satu kebahagiaan yang tak terhingga, bahwa teori-teori tentang leadership itu bukanlah hal yang horor melainkan menginspirasi๐Ÿ™‚

bagaimana tidak bahagia, jika mengetahui langsung pemimpinnya sangat bertanggung jawab dengan amanahnya ๐Ÿ™‚

dari Pak RW saya terinspirasi,
tentang totalitas dalam berkerja. Bahwa menjadi orang nomor satu di tingkat RW itu berarti menjadi orang pertama yang siap siaga dirempongin oleh semua urusan warga se-RW ๐Ÿ™‚,

oh saya lupa menceritakan Pak RW ini tak pernah atau jarang sekali meminta para pengutus RT untuk datang ke rumah beliau bila ada titipan surat pemberitahuan dari Kelurahan. Dengan motor bebeknya, beliau sambangin rumah-rumah semua pengurus RT di wilayahnya. Menyampaikannya secara langsung. Tidak hanya sekedar memberikan suratnya, tapi secara singkat juga menjelaskan terkait isi suratnya. It’s cool you know?๐Ÿ™‚

sedang dari Pak Lurah saya belajar, bahwa menjadi pemimpin tak harus selalu terlihat ‘tinggi’, ada kalanya ia perlu merendah untuk merasakan apa yang dirasakan oleh warganya, untuk lebih jelas mendengar bisikkan lemah warganya yang takkan pernah ia ketahui jika ia selalu berada di posisi tinggi diatas.

last,
baarakaLlahufiikum bapak erwe dan bapak lurah ๐Ÿ™‚
semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan dan usia yang bermanfaat,
aamiin :”)

Leave a Reply

